-->

Cara Menggunakan Stick DS4 di PS3 Tanpa Kabel


Menggunakan Dualshock 4 sebagai kontroller PS3 secara Wireless ini sebenarnya sudah lama bisa dilakukan, kalau tidak salah sejak release Firmware 4.60 PS3 , tapi wajar lah kalau pengguna PS3 banyak yang belum tau karena memang cara ini tidak populer, selain karena harga DS4 yang masih terbilang mahal bagi yang pelihara PS3, apalagi yang hari gini baru bisa beli PS3, Ketauan kantong cekak sebangsa ane. Wakak..


Penggunaan Dualshock 4 di PS3 juga tidak populer karena saat dipakai main game tombol home gak work, mboten fungsi, jadi gak bisa menampilkan menu XMB, lebih parah lagi utk yang suka ambil screenshot di PS3 CFW, Menggunakan DS4 di PS3 malah terasa sebagai kemunduran, fatal bin farah pokoknya.

 Tapi kalau penasaran pingin tau, atau nekat mau coba caranya gampang. Just follow this steps :
  1. Dari XMB geser ke  System Menu PS3 
  2. Masuk ke Accessory Settings
  3. Pilih Manage Bluetooth Devices

  4. Pilih Register New Device
  5. Tekan dan tahan tombol Share + tombol PS / Home di DS4 sampai light bar berkedip
  6. Setelah itu DS4 akan terdeteksi sebagai Wireless Controller oleh PS3
  7. Pilih dan selesai. 
  8. Dualshock4 sudah bisa digunakan di PS3

Kesimpulannya dari itung itungan harga yang mahal ditambah gak fungsinya tombol Home, ane rasa menggunakan DS4 di PS3 ini masih dirasa kurang pantes, mendingan pakai stik PS2 yang bagus ditambah converter yang single, sama-sama enak tapi kita punya tombol home dari alih fungsi tombol on-off analog. Beda urusannya kalau punya duit dan tombol Home jadi gak penting, tapi mau merasakan sensasi stik original buatan Sony maka DS4 ini pilihan tepat, salnya utk beli DS3 baru kan sudah gak ada, beli DS3 bekas kalau ane males juga lah kebanyakan sudah diganti part meskipun dengan istilah rekodisi atau refurbish atau apalah, tetep saja bekas. Kecuali ada penjual terpercaya atau kenalan yang jamin itu barang beli dari baru dan masih joss.