-->

PS Classic Proyek di Bawah Ketakutan Terhadap Nintendo?

Menurut ane Playstation Klasik ini sebuah proyek mengada-ada dari Kang Sony, pasalnya generasi penerus Playstation seperti PS2 dan PS3 sudah memiliki kemampuan backward kompatibility, build-in hardware yang kompatibel dengan game PSone sehingga bisa memainkan game console generasi nenek moyang. So, ngapain orang beli Playstation Klasik kecuali mereka berlimpah duit, bingung mau ngabisin, sekaligus tukang koleksi. Tinggal insert saja disc PSone ke PS2 atau ke PS3 lalu Play. That's easy, eh?


Mau lebih murah dan mudah lagi, mainkan saja game backup dari harddisk internal PS3, atau emulasikan pakai komputer jadul, toh game Playsation ini bisa dengan lancar di mainkan pakai komputer low-end yang mungkin gak ada lagi orang mau pelihara. wkwk.. ane pernah test pakai di processor celeron single  core dengan ram cuma 512, dengan VGA 256 yang sekarang sudah jadi rongsok itu, lancar.

Misal orang beli PS Klasik dengan alasan gak mau main emulasi di komputer. Ah, alesan cap telek saja itu, PS klasik ini kan sudah kebongkar rahasia dibalik "keajaibannya" sama saja pakai emulator PCSX seperti yg dipakai di komputer Windows. Belakangan diketahui juga untuk masuk ke menu debug setting PS klasik ini kita gak perlu hacking dengan susah payah, cukup pasang keyboard lalu tekan tombol Esc, maka menu debug terbuka shg kita bisa ubah seting frame rate gambar dari 50Hz ke 60Hz, ada juga yang sudah test rotasi gambar 90', ini kemungkinan untuk tujuan emulasi ke layar handheld atau smartphone. Padahal dulu sempat ada kabar kang soni ini pernah menyeret developer emulator ke pengadian, eh gak taunya sekarang pakai emulator utk barang resmi mereka. kan lucu? xixixi...

Jadi kesimpulan ane, gak ada pentingnya beli PS Klasik. Ini cuma lucu-lucuan, soal duit bagi perusahaan pembuatnya, soal menghadang laju kompetitor, nintendo yang mulai tahun ini secara signifikan penjualan Console dan Handled meningkat tajam. Jadi ketika tahun lalu nintendo melepas konsole mini, sony juga membuat langkah yang sama.

Kita sih bukan gak bisa beli, toh harganya gak semahal PS3, bekas sekalipun. Tapi kalau dibelikan CPU Celeron bisa dapat 3 unit itu, atau kalau mau sedikit kelihatan canggih beli PSP juga bisa emulasi game PSone. yang jadi masalah sekarang kita sedikit kesulitan untuk dapat file iso game PSone sejak situs penyedia file rom dan ISO seperti Emuparadise dan beberapa yang lain dihajar Nintendo, sehingga harus memusnahkan data base mereka. Sekali lagi ini cuma opini pribadi, perkara orang lain sih terserah kalau mau beli. duit juga duit situ. Sultan mah bebas, jangankan console game, Batu akik, bambu sama daun beringin pun dibeli jutaan.  kan miring.. Wakak..