-->

Cara Main Game PS2 dan PSone di PS3 CFW

Hari ini pingin posting artikel yang ringan, Cara Main Game PS2 dan PSone di PS3 CFW. Lantaran lihat release Playstation Classic jadi kangen sama game lama, pingin nostalgia dengan Eli, perawat cantik yang tinggal di sebuah klinik dalam game Harvestmoon Back to Nature tapi waktu pasang CD ke PSone sudah gak bisa lagi, sepertinya modchip mati karena waktu ditest PSone punya ane masih bisa main CD riginal. untuk pasang modchip juga males, akhirnya coba main Harvestmoon Back to Nature di PS3 saja, yang sudah ready tinggal install gamenya.


Setelah main semalam jadi kepikiran untuk share ke blog ini, bukan hanya game PSone tapi sekalian saja ane kasih sample sama game PS2 karena caranya sama saja, siapa tau ada juga di antara teman yang pingin main game PS2 dan PSone di PS3.
Sedikit cerita, Harvestmoon BTN ini game PSone yang cukup terkenal dikalangan gamer cowok dan cewek, nuansanya sangat berbeda dengan game lain yang menyajikan kekerasan, darah dan perang, sementara harvestmoon ini bercerita tentang kehidupan di sebuah desa dengan segala keunikannya. Berkebun, beternak dan mandi di sungai ditambah sedikit kisah cinta pemuda desa menjadi kesan tersendiri untuk mereka yang pernah memainkannya.

Sedangkan untuk game PS2 kali ini dipilih Winning Eleven 7 yang ternyata konon diklaim sebagai game bola yang menyeret habis kekuatan hardware PS2, pantesan kalau pas pemai ngumpul di salah satu sisi dekat gawang gameplay melambat, terjadi lag. Mungkin PS2 ngos-ngosan untuk menampilkan seluruh gambar pemain. Tapi ternyata pas main di PS3 lancar saja, cuma pas intro cutscene memang terasa agak melambat. tapi secara keseluruhan oke lah. Sebenarnya masih banyak game bagus di PS2 tapi kali ini sebaga sample cukup Winning Eleven 7.

Kembali ke tujuan nulis artikel, kita mau bahas Cara Main Game PS2 dan PSone di PS3 CFW. To de point saja gan, seperti biasa begini Syarat dan Rukunnya :

A. Syarat yang harus dipenuhi :
  • File ISO game PS2 dan PSone
  • HD External atau Flashdisk
  • PS3 CFW Rebug-REX
  • Webman terbaru
  • Multiman
B. Rukun / Langkah / Steps
  1. Setting Webman supaya scan file iso game PS2 dan PSone
  2. Jalankan Multiman, Masuk ke File Manager
  3. Copy File ISO game PSone dan PS2 dari Harddisk External atau Flashdisk
  4. Paste file iso game PS2 ke folder PS2ISO di harddisk internal PS3
  5. Paste file iso game PSone ke folder PSXISO di harddisk internal PS3
  6. Matikan PS3 lalu nyalakan lagi supaya file game retro terdeteksi oleh webman
  7. Pilih dan mainkan game PS2 atau PSone dari folder yang ada di Webman
Supaya lebih jelas lihat caranya lewat video di bawah. Kalau bermanfaat tolong bantu like, share dan subscribe ya gan..


    Untuk setting Webman dari PS3 XMB kemudian Webman Setup, lalu pada bagian scan content sentang saja PS2ISO dan PSXISO. kemudian simpan. Atau sebaiknya lihat caranya dari video di atas, supaya bisa lebih jelas Kemudian setelah save PS3 akan restart dengan sendirinya. Ane ulangi, kalau menu PS2 dan PSone belum muncul, matikan saja PS3 kemudian nyalakan lagi.

    Untuk yang pernah main game PSone, Selamat bernostalgia gan. sedangkan untuk yang belum pernah main game PS2 dan PSone, cobain deh karena banyak game game top yang pasti terlewatkan. Banyak game yang hari ini populer idenya dari game yang ada di PSone dan PS2. bahkan tidak sedikit yang di-remake supaya resolusi dan grafik interface sesuai dengan console jaman now.