-->

Cara Install Game PS4 dari Computer via Kabel LAN

Sebelumnya di blog ini sudah ada tutorial Cara Install Game PS4 menggunakan Harddisk external, seiring berjalan waktu dan berkembang exploit, kali ini ane share lagi Cara Install Game PS4 dari Computer via Kabel LAN, jadi bisa lebih praktis dan tentu saja tanpa harus repot lebih dulu pindah file ke Harddisk External, colok ke PS4 baru kemudian bisa install. Keunggulannya tentu saja tidak harus pakai harddisk External. 

Cara ini cocok dipakai sama Gamer yang kebetulan sedang tidak punya Harddisk External sepeti ane, kebetulan sedang gak punya stok, sudah terjual semua atau memang asli fakir. Belagu banget kaum fakir pelihara PS4. Ahaha..


Tenang gan, di sini kita bukan mau bahas kesenjangan antara sultan dan fakir. Bukan juga mau olok-olok gamer Vazaxan. Ini soal kasih solusi bagaimana transfer file PKG dari PC ke PS4 tanpa menggunakan harddisk external
Sedikit ivoh cara dan software yang akan kita pakai ini dikembangkan oleh developer PS4 yang menggunakan nick name  Modded Warfare. Di akun twitter dan chanel youtub dia membagikan tutorial bagaimana meningkatkan kecepatan transfer file PKG dari PC ke PS4. Begitu ane lihat dan test sepertinya cukup mudah, makanya ane share ke blog. Cara ini sebelumnya juga sudah dipakai tapi waktu ane test cara yang lama itu lemot ditambah gak jelas. mungkin ane yang gak mudhengan. wakak.. Next lah..


Seperti biasa kita menuju syarat rukun Install Game PS4 via Kabel LAN
Syaratnya :
  1. Tentu saja Kabel LAN - kalau ada yang bagus juga oke
  2. Komputer atau Laptop dengan OS windows. (ane pakai Windows 7)
  3. PS4 dengan Firmware 5.05 atau lebih rendah.
  4. File PKG game yang mau di-install
  5. Exploit / HEN 1.8
  6. Software PKG Sender
  7. Software Remote Package Installer
Rukunnya seperti biasa kita bagi dua, eh kali ini lebih karena harus bolak balik. ane kesulitan bagi dua. So bagi tiga kan gak papa. Kata pak ustad kan maksimal 4 


A. Steps di komputer
  1. Download Software Remote Package Installer, Simpan di flashdisk utk install ke PS4
  2. Download juga Software PKG Sender.
  3. Hubungkan Komputer dengan PS4 via kabel LAN
  4. Setting IP address LAN ke automatic
  5. Share Koneksi Wireless pada komputer atau Laptop*
  • Ketika Koneksi wireless di-share maka IP address LAN auto hensin jadi 192.198.137.1



B. Steps di PS4
  1. install Software Remote Package installer
  2. Setting koneksi di PS4. Masuk ke setting - Network - Setup internet Connection - Use LAN - Pilih Easy -  Tunggu sampai selesai - Lakukan Test seharusnya Success semua.
  3. Masih di menu Network - Crot ke menu View Connection Status, lihat dan catat IP Address PS4. Cukup diingat ya gak papa lah dasar males nyatet. Haha..
  4. Enable HEN 1.8 seperti biasa. Yang belum pakai HEN crot di sini
  5. Jalankan Software Remote Package Installer

C. Balik ke komputer / Laptop maning son..
  1. Buka Folder PKG Sender Dobel klik File Install http server.bat. Seharusnya kemudian akan download dan istall http server. kalau langsung nutup berarti ada yang salah.
  2. Masukkan / ketik IP PS4 ke file PS4_IP.txt -  SAVE
  3. Masukkan / ketik IP komputer ke  file SERVER_IP.txt - SAVE
  4. Drag File game PKG yang mau install ke PS4, drop ke file Install_pkg.bat
  5. Tunggu proses jalan sampai selesai. 

Nanti di PS4 akan muncul game yang sedang di-install dan kalau di-klik kita bisa dilihat persentase / proses download dan install yang sedang jalan. Lama Proses  tergantung ukuran File. Pada waktu ane test install file Horizon Zero Dawn 46GB makan proses 64 menit. Dengan catatan ane gak pakai LAN Gigabyte, + pakai kabel LAN yang murah. Kebetulan file game belum ane pindah ke komputer satunya yang pakai LAN Gigabyte, jadi belum kasih review. Besok atau lain kali ane test lagi.

Cara ini sudah ditest dan 100% Work! 
Simak videonya, kalau dirasa bermanfaat jangan lupa bantu like dan subscribe ya, gan..


Gitu dulu sob, udah waktunya makan siang ini. Haha.. Nanti artikel ane review lagi kalau ada yang kurang bisa ditambah, kalau ada yang gak jelas silahkan tanya lewat kolom komentar. 

Update:
Dalam pengujian terbaru menggunakan kabel CAT5 proses transfer file game Metal Gear V, ukuran 26GB hanya makan waktu kurang dari 10 menit. ini serasa install game ke PS4 menggunakan Harddisk External USB 3.0. eh, Bener ya? pokonya cepet banget/ 

Kalau ada manfaat silahkan share dan rekomendasikan blog ini ke teman-teman. Thanks..