-->

Cara Membersihkan Cache PS3

Ceritanya kemarin malam abis tempur di Los Santos, sesuai dugaan ane menang. Pastilah karena kan pakai mod. wakak.. Ceritanya seperti biasa ane lagi santai di pantai, menikmati indahnya sunset di Del Perro Pier, lalu seperti yang biasa terjadi tiba-tiba ada yang lewat sambil langsung ledakin ane bareng sama mobil kesayangan. Gak terima donk, moder gitu loh. ane bales bunuh. eh masih belum terima dia ngejar terus. ane ngilang dong cling!! setelah itu ane kerjain abis dia, ane tempel helikopter di kepalanya ditambah sama tower crane. Keliling kota gak karuan dia nubruk sana-sini, sampai pedestrian dan traffict light berantakan. hahaha..


Singkat cerita korban kemudian memanggil teman-temannya, moder juga tapi sepertinya lebih sakti dari yang ane pakai, maklum Pakai Galerium Versi 2.6.0, mod Gratisan, ya bagus tapi gratisan. Kemudian sambil tetap beterbangan korban kirim pesan intinya dia ngancam kalau gak dilepas bakal buat ane nyesel gak bisa online lagi. Halah siapa takut ane pikir, stok cid kan masih ada, mau lapor ke R* sekalipun gak takut. Wakaka belagu..
Di luar dugaan tiba-tiba ane disconnect dari session, kemudian konek lagi, diconnect lagi, Gitu terus. Gila ane pikir ini koneksi macam apa, eh sudah reset modem dan sign out ternyata masih sama, nge-loop terus gitu. Jadi keder juga sama ancaman korban kebrutalan tadi. Dengan sangat terpaksa ane matikan PS3 sambil mikir. Xixixi..

Wooii.. modder balikin sempak gw!!

Tiiingngng...!!
Sepertinya harus clear cache untuk membersihkan najis mugholadoh dari moder teman-teman korban tadi. Apa itu cache? menurut invoh yang diterima, cache ini semacam penampungan file dan data sementara yang fungsinya menampung data dan file sementara. Halah kok muter muter.. Pokonya File dan data sementara itu biasanya berfungsi untuk mendukung performa game. Tapi kadang karea korup secara tidak sengaja ataupun diserang sama najis najis tadi contohnya, file yang biasanya bantu performa ini justru jadi ganggu, bikin ngefreze bahkan bisa juga ganggu koneksi PS3 ke internet. Seperti ngw-loop tadi misalnya. Entah bener atau cuma kebeneran yang jelas setelah clear cache ane bisa main dengan normal lagi.  

Nah hari ini ane share ke sini gimana caranya clear cache PS3, sebagai pengingat sekaligus jadi bahan renungan untuk kalian yang mungkin juga modar kena hajar sama modder. ekekek..
Begini langkah-langkahnya:
  1. Matikan Console PS3
  2. Nyalakan lagi
  3. Dari XMB meluncur ke bagian Game
  4. Scroll dan pilih Game Data Utility
  5. Masuk Game Data kemudian cari data Grand Theft Auto V
  6. Hapus Game data yang 8GB
  7. Kemudian sambil tahan L1 + R1 secara bersamaan jalankan game.
  8. Mainkan seperti biasa dan coba masuk session lagi. Seharusnya sudah normal

Gitu aja gan, clear cahe kadang bisa mengatasi masalah tanpa masalah jadi tidak hanya untuk mengatasi masalah karena modder yang bikin masalah. Semoga artikel bermanfaat terutama untuk yang suka main GTA Online. Kalau suka GTA tapi gak suka main Online itu kebangetan, gamer kefevet, minus kuota. Yang belum tau gimana mau online baca Cara Main GTA Online PS3.