-->

Cara Setting Kecepatan Kipas PS3

Untuk menjaga temperatur PS3 supaya tidak overheat atau yang dalam bahasa Nippong disebut kepanasan kita bisa pakai Software pendukung, dalam hal ini ane rekomendasikan pakai  Webman saja. 


Bukan asal saja ane memilih webman, seperti milih gadis juga harus lihat dulu yg tampangnya cakep, enak dilihat, penurut, kalau perlu yang kaya raya. wkwk.. 

Begitupun Webman ini dia punya beberapa kelebihan yang layak jadi pertimbangan, tampilannya cakep, enak dilihat, gampang diatur dan kaya akan fitur. Karena kita mau bahas Control Fan Utility, bukan mau bahas calon istri,  maka kali ini ane kasih tutorial gimana atur webman.



Webman ini sudah include kalau kita Install CFW Rebug, tinggal aktifkan saja lewat rebug toolbox, Bisa untuk beberapa CFW lain ceperti Overflow dan kalau gak salah ingat CFW Habib juga support webman. Di CFW rebug, untuk mengatur putaran kipas lakukan step seerti yang ada di vedeo di atas :

  1. Dari XMB masuk ke Webman - Webman Setup
  2. Centang pada Dynamic Fan Control - Supaya kipas bekerja otomatis sesuai setting
  3. Auto at isi misalnya 69 - artinya kipas akan dipercepat jika PS3 mencapai suhu 69'. atau bisa juga diatur sesuai kebutuhan.
  4. Save, kemudian Click here. (tekan X  pada tulisan "here")
  5. PS3 akan restart. Selesai
Note :
Angka pada kolom bisa atur sesuai kebutuhan, untuk daerah panas misalnya diatur 50 supaya kipas dipercepat lebih awal, konsekwensinya suara kipas jadi bising. sementara untuk ruangan ber-AC atau daerah dingin bisa dinaikan jadi 70 atau 75. Silahkan ber-experimen

Untuk memantau temperatur CPU dan RSX dari menu utama PS3 atau biasa disebut XMB, tekan dan tahan START + SELECT

Menurut ane jauh lebih mudah pakai webman daripada software lain. untuk pengaturan dari XMB, webman juga ada fitur Combo untuk menambah atau mengurangi value pada seting putaran kipas / Dynamic Fan Control. Tapi dari pengalaman ane, seting itu tadi saja sudah cukup.

Untuk install dan download CFW Rebug bisa ikuti artikel : Cara install CFW