-->

Cara Memperbaiki PS3 Error Code 8002F1F9

Suatu ketika ada pelanggan datang ke tempat ane bawa PS3 minta CFW terbaru, tapi pada saat proses install selalu mentok di angka sekitar 60%. Bermacam cara sudah ane coba, dari mulai copy ulang CFW, ganti flashdisk, sampai ganti harddisk. Tapi masalah gak ilang, Setiap kali install ulang CFW PS3 selalu mentok di angka yang sama, kemudian restart. Istilahnya "Looping" bukan kuping. Puyeng tiga hari ane. Walaah..


Eh, ada shiluet manusia tamvan d situ. wakak

Entah karena terlalu pede atau Saking paniknya dikejar deadline waktu itu, sampe lupa googling. Sampe ahirnya ane coba menenangkan diri, meditasi, bertapa di kamar. Apalah.. cuma tidur siang aja.. baru setelah fres kepikiran googling tentang Error Code 8002F1F9 kemudin dapat clue bahwa eror code itu menunjukkan kalau ada kerusakan pada modul wireless. Nah lo cebong sama kamvret Sontoloyo! Wakaka.. kenapa gak bantu ane dari tiga hari sebelumnya? tapi sudahlah sumpah serapah tidak menyelesaikan masalah. mari kita menuju solusi.
Penyebab CFW tidak bisa install ke PS3 itu tadi karena kerusakan modul wireless, Sekarang ane ada dua pilihan untuk dikasih ke pemilik PS3.
  • Cara Pertama : Install CFW yang bisa by pass check Modul Wireless, Cara ini murah dengan konsekwensi PS3 tidak detect DS3, tidak bisa terhubung ke internet, dan PS3 tidak bisa load game menggunakan Webman.
  • Cara Kedua : Bongkar PS3 dan Ganti modul wireles, maka semua masalah beres. Konsekwensinya Biaya agak mahal.

Pelanggan pilih cara pertama, kemudian dalam beberapa menit kerjaan ane selesai. PS3 dibawa pulang sama pelanggan. End

Ternyata belum. Besoknya pelanggan balik lagi Minta sekalian Ganti Modul Wireless.
Oiya, Untuk yang belum pernah install CFW silahkan baca dulu : Cara Update CFW

Setelah ane baca sendiri, ini kok malah jadi seperti artikel belum selesai ketik sudah di-upload, tapi memang gitu. otak sepertinya buntu mau lanjutin juga belum ada ide. Sebenarnya waktu awal itu niatnya sekalian mau share link beberapa CFW yang support PS3 dengan kerusakan pada modul Wireless. Tapi lain kali saja lah kalau ada yang butuh bisa ditambahkan. hehe..